h1

Mod Your Ride!

February 13, 2007

Ngebengkel? Thank you deh!

    Oke, begini sejarahnya. Dari jaman SMA sampe beberapa bulan lalu, yang namanya utak utik mobil itu masih gw anggep pekerjaan orang iseng and kaga bernilai tambah. Karena gw masih merasa mesin computer itu lebih menarik dari mesin mobil. So jadilah gw remaja yang lain daripada yang lain. dimana teman2 gw sibuk ngedandanin mobilnya, gw sibuk ke glodok ngedandanin spec kompie gw. Even sesekali gw kebengkel but Ngga pernah gw berlama-lama dibengkel. Selain panas, ngga ada hal yang bisa ngebuat gw tertarik kecuali ada cewe cakep yang juga lagi ngebengkel.. but.. tapi jarang lah yah.

    Back to the point, intinya semuanya itu berubah semenjak gw memakai mobil Mitsubishi Galant ST tahun 2000 Manual. Memang tidak salah bila mitsubishi selalu menggaungkan kredo “Born to Run” disetiap marketing campaig produk2nya. Tidak percaya? saya juga awalnya sama, tidak percaya. Saya selama ini selalu memakai mobil 2000cc keatas. dari Nissan Patrol 3.000cc, Cielo 2200cc, dan terkadang juga CR-V 2400cc. Namun sensasi mobil galant ini sangat beda. Coba saja anda tarik dijalan tol, maka tidak akan terasa pada RPM 5500 di gigi 5 jarum speedometer anda akan menunjukkan angka 200Km/h!!! Punya nyali? bejek aja sampai 240. Nah, sejak dari itu lah saya tergila-gila untuk membuat mobil ini menjadi luxurious Sport Car… so even jadi kendaraan keluarga, saya juga ingin mobil ini nyaman. Maka dimulai lah dengan bolak balik bengkel saban minggu yang cukupp.. cukuppp mengguras gaji bulanan saya. Dari tune up engine, beli additive2, hingga jok kulit dan terakhir ini adalah cat body serta 1/2 overhoul engine agar bisa menjadi sportcar harian. Nah, dari orang yang buta mobil (Tahu bahwa ada yang namanya komponen radiator disetiap mobil itu exist saja baru tahun 2000an!! bisa anda bayangkan betapa menyebalkannya saya bila diajak diskusi tentang mobil) hingga sekarang saya keranjingan untuk mengetahui bagaimana sebuah mobil bergerak dari end to end hingga membuatnya menjadi sebuah sportcar harian. Oke mari kita simak.

Modding Your Engine Guys!

First of all, before you start modding anything, please do us a favor by modding yourself before you endangering both yourself and others. Loe bisa modding your driving capability by ikutan defensive driving course, Sprint rally, slalom, etc.

Buat occasional weekend Slaloms or track racer, loe ga perlu gahar banget sampe special setting alignment, camber, caster, etc. Although, I admit masalah settingan suspension itu penting, but IMHO itu buat yg sampe professional banget. Gua saranin loe-loe yg interested ikutan Slalom, ke sentul, etc, mendingan setting chamber, alignment, caster di stock setting. Ntar down the road, kalo loe kurang sreg loe bisa setting lagi.

Modifying suspension and brakes itu essential banget BEFORE loe start modding your engine. Masalahnya kalo engine loe kenceng and ga bisa handle weight transfer, brakes, etc loe itu in a grave danger!

Step 1: suspension mods.
install coilover kalo budget loe cukup. budget pas-pas’an loe ganti shocks and springs. pasang swaybar both front and rear. kalo loe ngerasa chasiss boil loe masih kurang kaku, baru loe pasang strutbar. strurtbar yg penting itu dipasang di front, jgn rear nggga terlalu perlu kecuali loe sering keluar kota or sering ke race track or loe sering slalom. inget, pake yg bagus’an for your own safety.
recommended springs: H&R, Eibach, HKS, Tanabe, JAMEX, Intrax, R*S dll.
recommended shocks/damper: Tanabe, Tokicko, Billstein, HKS, KYB, KONI, Ohlins, Tein Dll. .
Jgn lupa Pasang sturt bar atau swaybar..

Budget: (Approx)
Coilover: USD$800 to USD$2200.
Springs: USD$110 to USD$320.
Shocks/damper: USD$120 (non adjustable) to USD$475 (both for adjustable and non adjustable).
Swaybars: USD$20 to USD$430.
Strutbars: USD$20 to USD$275.
(strutbars lu bisa bikin custom juga, di tukang knalpot)

Step 2: brake mods.
kalo di sini , boil sedan pake tromol buat rear brake’nya biasanya mobil di Indo 1800cc kebawah, mendingan ganti brake depan and belakang pake discbrake sekalian ganti calipers’nya menggunakan yang lebih besar. kalo mau ganti, sekalian brake lines’nya ganti pake yg either teflon or steel. tujuannya biar pas loe perlu sudden brake, brake lines loe itu ngga ngembang. kalo loe udah ganti brakelines loe, brake fluid loe ganti pake yg DOT4 or DOT5.1 jangan lupa brake shoes (sepatu rem) loe ganti pake yg bagusan.
recommended brake lines: A
recommended discbrake,brakeShoes and calipers :BREMBO,Project MIU,Endlles, AP Racing etc..

*Warning: If converting from DOT 3 or DOT 4 to DOT 5 it is recommended to rebuild the whole hydraulic system. Or at least flush the previous fluids completely, as any contaminants would be hazardous to the system operation.*

Budget: (Approx)
From USD$100 (brakeshoes only) to more than USD$4000 (for a complete brake set such as, BREMBO).

Step 3: engine mods (mild to hardcore).
loe bisa mulai dari cold air intake, header, freeflow exhaust. and loe naek ke polish intake manifold and exhaust manifold kalo loe ngerasa kurang.

the next step would be, loe engine rebalance. rebalance semuanya mulai dari crankshaft, cylinderhead, flywheel, camshaft (kalo mau diganti ya ngga usah di rabalance), pokok’nya semuanya.

next, loe bisa ganti camshaft loe, both intake and exhaust of course! ganti camshaft biasanya orang complaint “kok idle boil gua jadi batuk-batuk alias rough” ya itu soalnya gearing’nya ga bener nge’set’nya. kalo ganti camshaft, sekalian loe ganti camgear’nya, of course, both for intake cam gear and exhaust cam gear.

next, loe bisa ganti valve springs loe. ini tujuannya biar opening and closing’nya lebih cepet. alias, engine response loe lebih bagus.

next, injector boil loe musti di re-balance and di re-calibrate. tujuannya, buat supaya ngebalance between fuel and air consumption and ngilangin detonation.

next, kalo loe udah praktekin semua yg diatas. engine loe itu udah gahar. nah loe uadh maen setengah force induction. sekarang loe baru bisa pasangin fuel pressure regulator and sekalian pasang fuel rail.

jangan lupa juga ganti oil pressure regulator and oil pan. engine makin kenceng, butuh pemasukan oil yg lancar.

next, ganti clutch loe pake yg competition. sekalian ganti semuanya, mulai dari ballbearing, clutch plate, sampe pressure plate (matahari).

next, nah loe baru boleh ganti ignition boil loe (kabel busi) and sekalian busi’nya juga. soalnya engine loe sekarang itu udah kenceng and butuh pembakaran yg bagus.

**jgn lupa loe resetting or recalibrate engine ECU loe. jgn maen ganti chip or apa. loe reset dulu ECU boil loe. caranya gampang. setelah loe pasang semua performance parts boil loe and loe udah testdrive, baterrey (accu) boil loe negative’nya loe lepas and loe biarin selama 20mins to 30mins. or kalo bisa sampe engine boil loe cool. makanya buka aja engine hood loe biar engine loe cepet dingin. nah kalo udah loe reconnect lagi negative baterrey nya and udah gitu loe test drive, tapi jgn soft nyetirnya. loe musti sedikit gahar. tujuannya itu biar ECU boil loe belajar lagi characteristics engine boil loe and driving style loe.**

Pasang Piggyback, Ato Stand Alone ECU..

next, loe bisa naekin compression kalo loe mau maen N/A (normally aspirated). kalo mau maen FI alias force induction, compression sebaiknya di turunin.

sekarang kita bicarain N/A. naekin compression loe bisa cuman ganti packaging or bahasa indonesianya itu paking. ganti both yg bagian atas engine loe and bottom’nya juga sekalian.
nah step terahir ini maen hardcore. loe udah maen FI. loe bisa pasang supercharger or turbocharger.

kalo pasang supercharger, loe ga perlu aneh-aneh with settingan engine loe yg udah di modified pake cara diatas yg gua udah terangin panjang lebar sampe jari gua cape ngetiknya. tapi kalo loe pikir masih kurang “uhmph”‘nya ya loe bisa naekin psi boost di supercharger loe. caranya very easy, loe ganti aja pully’nya. pake yg kecil, otomatis boost psi’nya bakalan naek and makin gede boost boil loe. biasanya supercharger maen di 5psi to 6psi. bates aman kalo mau naekin psi and masih bisa enak dipake jalan hari-harian loe bisa naekin boost loe up to 10psi, max.
paling sip kalo loe pasang supercharger, loe pasang juga intercooler. tujuannya biar udara dingin yg diambil ama supercharger loe.

other option would be, loe pasang turbocharger. pasang turbocharger ngga segampang yg orang bilang. loe sebaiknya turunin dulu compressin engine boil loe. seberapa banyak turuin copressionn’nya ada rumus’nya and gua ga ngerti. loe musti consult ama Bengkel tempat langganan loe.

kalo loe pasang turbo, loe sekalian pasang turbo timer, turbo boost controller, BOV (blow-of valve), pop-up valve, intercooler, boost regulator, boost gauges, exhaust temperature gauges, injector regulator gauges, water pressure regulator and gauges, etc.
contrary to most ignorat indonesian riceboy believe, BOV itu dipasang bukan buat suara “chssssssssssss” yg keren. bukan, tujuannya BOV itu dipasang buat ngebuang boost yg ngga diperluin and otomatis protect turbo loe.

kalo loe pasang turbo and supercharger, loe mendingan sekalian di dynotest. supaya loe dial up boost’nya pas and ngga ngerusak engine loe. both turbocharger and supercharger bisa prolong engine life loe kalo loe nge dial boost’nya and settingan engine loe itu bener and pas.

Budget: (Approx)
From USD$200 to unlimited. (Please, Jangan pake uang buat kawinan ye..its very2 big no no!)

i might miss something, but until i find out what did i miss, i’d say…that is all… And tunggu episode berikutnya yang pasti lengkap dengan gambar2 sparepartnya (ya! sekarang saya sudah tahu dimana letak radiator!)

Soalnya kalo mau detail banget harus muter-muter ke Toko/bengkel sendiri.
(harga tidak mengikat)

Modifikasi mesin
Light:
-Filter K&N, Yakuza, dll——-300rb-1jt
-Kabel busi 8mm ke atas——–300rb-500rb
-Koil————————–500rb-1jt
-Ignigation MSD, dsb———–750rb-2jt
-Fuel pressure Reg.————1jt-2jt
-header DC sport, dsb———-1jt-5jt
-freeflow exhaust 5zigen, dsb–750rb-4jt

Medium:
-Polish in-ex——————2jt-5jt
-Camshaft———————-2jt-7jt
-power pulley——————2jt-3jt
(untuk galant ST kisaran 3-5 juta di Sigma Speed tergantung skill nego)

Rather Heavy:
-Balance engine—————-2jt-10jt or more

Heavy:
-New engine——————–20jt-100jt or more
(depend on type of engine kecuali kalau anda nekat menggantinya dengan mesin ketik konvensional)
-Supercharger——————20-30jt
-TurboCharger——————20-50jt

Suspension:
Per h&r, tanabe, tein, dll—–1jt-5jt
Shocks————————-5jt-10jt
Adjustable Shock—————9jt-25jt
Air shocks———————10jt-20jt
Hydrolic Shock—————–30jt-50jt
Strutbar———————–1jt-3jt
Swaybar————————1jt-3jt

Brake:
DiskBrake———————-4jt-10jt
Caliper————————5jt-12jt
ABS—————————- Seriously masih butuh? heheh.. dengan mesin performa seperti ini yang anda butuhkan adalah parasut dibelakang mobil.

One comment

  1. bos,mo tnya2 aja nii,,

    nissan gw sentra gs coupe 89, klo mo reset ecu gmn y?

    tx before



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: