h1

Visit Batam: Dugem & Amoy.. (Part 1)

October 5, 2008

 

 barelanghighwaybgalleryfull_thumb 2823814barelang_bridge_misPulau_Bata

(Jembatan Barelang, Simbol Pulau Batam)

Mungkin sudah banyak literatur2 yang membahas mengenai Batam dari sisi pariwisata, atau barang-barang elektronik dan mobil yang katanya murah namun nyatanya lebih mahal. Selain itu, mencari makanan enak di batam hanya akan berujung pada sakit hati semata. Belum lagi living cost yang 2-3 kali lipat dibandingkan jakarta. Bayangkan, untuk dapat menikmati enaknya 1 ikat brokoli saja saya harus tebus dengan harga sekitar 6,5 SGD! yang padahal di jakarta dapat dibeli dengan harga tidak lebih dari 10.000 rupiah. Batam merupakan suatu pulau yang pada awalnya merupakan base PERTAMINA. Dan dibangun untuk tujuan bisnis dan transit semata.. bukan untuk ditinggali. Ini adalah kota yang berkontur perbukitan dan bertanah bauksit. Jadi memang sulit untuk mencari petani disini dibanding lonteh.

Lalu apa yang murah dan berkembang pesat di batam? sudah menjadi obrolan umum kalau Batam itu pusatnya judi dan dugem. Disini yang berkembang adalah bisnis syahwat dan stamina. Sangat mudah untuk menemukan tempat dugem dan Massage parlor disini. Sebut saja bilangan Nagoya dan Penguin. Disitu bertebaran segala macam tempat hiburan dan pijat. Dibatam tidak ada kata jauh, karena kota ini hanyalah seukuran tidak lebih dari bogor. Dan orang2 disini tidak mengenal kata macet. Jadi kalau anda suatu saat bertanya pada orang dibatam.

“Pak jalan kesana MACET ngga?”, maka mereka akan diam sejenak sambil kembali bertanya:

“MACAT apaan yah? Ohh, ngga… aman kok.. disini tidak ada MACAT TUTUL..”

Memang benar, salah satu kelebihan batam disini tidak ada yang namanya macet seperti halnya jakarta (…walaupun macat tutul jg kaga ada sih).

Nah, Bila anda baru berkunjung ke Batam, Tips dari saya untuk anda yang ingin menikmati batam, menginaplah di hotel2 yang murah meriah seperti seperti ditunjukkan dalam peta. Hotel yang berdiri tepat ditengah pusat keriangan antara Jodoh dan Nagoya. Jadi anda berada tepat di tengah kota City of the damned ini. Jadi mau dugem kemana pun dekat.

 

locmap_zoom_thumb 

692459179_48a92e99a1_thumb 669750618_3aef2d3b31_thumb

(Nagoya dan Jodoh Pagi hari. Hypermart di Nagoya Hill, tempat belanja Favorit)

sculpture_thumb

(Pose2 patung seperti ini banyak di jumpai di berbagai sudut batam hehehe…)

 

PART 1 DUGEM

 

outside_thumb1

Dugem atau yang merupakan singkatan dari “DUnia GEMerlap”, tak terdengar asing lagi saya rasa bagi para penghuni Jakarta yang memang selalu haus akan hiburan malam. Apalagi kawula muda jaman 91 an seperti saya yang dari SMP saja sudah doyan maen sepatu roda di Lipstik Blok M. Namun ada baiknya bila saya merefresh kembali apa itu Dugem. Karena menurut pengamatan saya masih banyak orang2 yang belum paham tata cara menggunakan kata dugem yang baik dan benar di pergaulan sehari2. Untuk lebih jelas baca saja contoh percakapan antara si Monyet dan si Bapet dibawah ini :

Monyet : Pet.., mana si Njing?

Bapet : Gak tau Nyet, tadi sih bilangnya mau Dugem kali…

Nah, ini adalah tata bicara yang benar menurut ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan. Tapi kalau kata DUGEM tadi kita panjangkan maka kata-kata si Bapet akan terdengar aneh.

Kampret : Gak tau Nyet, tadi sih mau Dunia Gemerlap…..

Risih bukan terdengarnya?  Tapi baiklah saya tidak akan terlalu dalam membahas terminologi maupun Tata krama kaga penting ini terlalu banyak.

Sekarang bagi yang memang masih belum agak paham clubbing atau Dugem, maka anda dapat bereksperimen dimalam hari untuk memasuki setiap gedung yang banyak muda-muda berkerumun didepannya serta ada 1 orang satpam dan 2 orang kasir yang bertugas untuk menjual tiket masuk. Bila saat anda masuk didalamanya dan anda temukan sebuah bola kelap-kelip di langit2 disertai oleh dentuman musik hingar bingar lalu melihat ada beberapa cowok yang saling berciuman, berarti anda sudah benar menemukan tempat Dugem itu walaupun di club yang salah. Semoga intelegensi anda sudah cukup paham sampai disini.

Nah, soal Dugem ini, masyarakat Batam juga gak mau ketinggalan. Bahkan dapat dibilang club2 malam disini adalah penghasilan utama kota Batam.

Yah! Batam memang memiliki tempat clubbing walau tidak seasyik dan seramai Jakarta. Tapi lagi-lagi kali ini kita bukan sedang ingin membahas tetang dimana lokasi clubbing, biaya yang harus dikeluarkan untuk clubbing, atau nunjukin tempat buat kamu mencium sesama jenis di Batam. Yang akan saya bahas kali ini adalah beberapa tipe clubbers (orang-orang yang lagi mencari hiburan di club) yang dapat kamu jumpai di Club Batam. Karena hal ini sangat berguna bagi anda yang baru pertama kali di Batam untuk perlu membawa diri dengan sebaik-baiknya. Tahu dimana posisi anda berada dan dikasta mana tempat anda berada di dunia gemerlap batam.

bar_thumb 2245145731_73ddbd1fa9  pool_thumb1

Seperti yang anda dapat lihat pada foto diatas, berikut adalah macam2 spesies yang perlu anda ketahui selama di Batam malam hari. Secara garis besarnya, Species-species Clubbers terbagi menjadi berbagai Kasta-Kasta sebagai berikut:

1. Spesies VIP

Species ini adalah orang yang paling dihormati di dalam Club, biasanya adalah owner club itu sendiri atau keluarganya. Bisa juga clubber-clubber tajir yang sudah ngabisin ratusan juta untuk clubbing dan sudah cukup kenal dengan owner club tsb.

2. Spesies Ketua

Species ini cukup banyak ngabisin duit untuk clubbing tapi tidak kenal dengan owner club. Biasanya bawa cukup banyak teman dan semua biaya ditanggung oleh dia sendiri. Cukup sering kelihatan berada diclub dan kenal dengan beberapa waitress.

3. Spesies PR (public relations)

Species ini biasanya sering terlihat sok asyik, unggul dalam menggalang massa untuk dateng Dugem rame2 dan kadang bersikap kalo dia benar-benar adalah PR yang sudah biasa dengan keadaan di club tsb. Biasanya temannya lebih dari satu group dengan meja yang berlainan, spesies ini akan mondar mandir dari satu meja ke meja lainnya untuk terlihat asyik di mata teman-temannya, tetapi malah lebih terlihat sok sibuk dan aneh. Ini dilakukan biasanya demi mendapat.. Minum gratis!

4. Sok Cool

Species ini biasanya hanya duduk atau berdiri diam dengan tangan dilipat didepan dada atau dimasukkan kekantong celana. Gerakannya hanya sebatas hentakan telapak kaki depan di lantai mengikuti hentakan musik. Kurang jelas apa maksud dari species ini untuk berada di club. Namun penampakan dari spesies ini semakin sering terlihat di saat tanggal tua.

5. “Teman setia”

Species ini biasanya terlihat didepan tempat jual tiket masuk, bisa sendirian bisa juga berkelompok, kadang- kadang terlihat sedang menelepon atau Sms-an, dan sekali-kali melihat jam dengan wajah resah, terlihat jelas kalo species ini sedang menunggu temannya. Tetapi menunggu teman bukan karena solidaritasnya yang tinggi melainkan menunggu untuk dibayarin masuk. Biasanya orang yang ditunggu Si “teman setia” adalah Si “ketua” dan Si “VIP”

6. Pak He

Alias Paket hemat, biasanya species ini minum, nginex atau nyimeng dulu diluar, kalo udah “High” Baru masuk ke club. Jadinya tinggal minum dikit atau tidak perlu minum sama sekali di dalam, karena minuman didalam club biasanya lebih mahal. Atau sering kali jg mereka membawa bekal sendiri seperti air minum gelas yang diselipkan didalam baju sebagai langkah lanjut pengiritan, setelah itu mereka tinggal dancing di dance floor.

Nah membahas sedikit masalah tempat clubbing atau dugem, mengunjungi tempat hiburan malam di City of the damned ini relatif lah mudah. Sebut saja kepada tukang taksi yang mengantar anda nama2 tempat seperti GG, NoNaMe, Tampico, dan Peak, Pasific atau planet. Pasti dengan senang hati mereka akan menawarkan “teman” joget kalau anda mau. Tapi saya sarankan.. jangan pernah main lonteh di city of the damned ini. Selain bahaya AIDS yang suka merajalela dipulau ini, juga kualitas2 para lontehnya yang menurut saya tidak lebih dari KW3 Jakarta.

Dan perlu saya tekankan sekali lagi. Bagaimanapun, Batam bukanlah Ibukota yang mana sering kita temui para artis ibukota yang ikut indehoy ber dugem ria di lantai diskotik. Ini adalah city of the damned, jangan harapkan anda akan menemui artis2 ibukota seperti bayangan anda dijakarta, atau DJ2 cantik nan ganteng yang mampu membawa anda larut dalam suasan dentuman music di lantai disko. Jadi rendahkan dulu ekspektasi anda untuk dapat bertemu artis2 cantik didalam diskotek. ini perlu saya kemukakan agar anda tidak kaget2 banget dengan kejutan2 kecil yang akan anda temui selama di city of the damned ini. Mengambil suatu sisi kenyataan yang saya temui, DJ nya pun seperti ini…

dj_thumb

(Buat ilffill joget kaga sehh looo..?!)

Kejutan lain adalah kami jg menemukan banyaknya wajah-wajah oriental yang nongkrong disana, tentu saja para abeng-abeng dan a-lien-a-lien. Jangan harapkan wajah nan berseri anak2 tarki atau anak2 trisakti yang liar dan binal menghiasi lantai2 disko. karena selama saya mengunjungi berbagai tempat dugem di city of the damned ini, hanya wajah-wajah ABG oriental seperti ini yang kerap dapat kita temui di club,

springbreaknightclubcopy_thumb

(Ohhh… aren’t they cutee guysss….??)

About these ads

9 comments

  1. haiiiiiiiii clubber batam gw allan anak dugem pacipic pengen gabung ma cewek2 or tante2 yg suka dugem,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,


    • ikut


  2. Haha….interesting!!!


  3. hahahahaaaaaaaaa………minta ditambahin dong crita nya bos..


  4. HAHAHA….hebat sekali kedengarannya FTZ,perdagangan bebas. ternyata initoh yang diperdagangkan!!!


  5. haha klo cari yang tiko-tiko di kolong jembatan dugemnya bos hahaha


  6. Sok tau lu,,,paling tongkrongan lu morning bakery samping bca..cuii


  7. sumpah lucu abis!!! hahahaha *ngkak guling guling*


  8. Kalau gak tau soal batam jangan tukis yg enggak2 bro,kelebihan batam masih banyak . Selain pertumbuhan ekonomi nya terpesat di indonesia batam jg punya keunggulan banyak . Contohnya kabel listrik underground,gak pernah macet,zona perdagangan bebas,bandara dengan lintasan terpanjang di asia tenggara,maupun peraturan jarak antara jalan raya dan toko harus 15 meter .. dan masih banyak lg yg gk bisa di sebutkan . Datang ke batam deeeh nanti ane kasih tau tempat makanan enak . Hubungi ane aja



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: